Festival Kota Lama 2019, Pasar Sentiling Jadi Idola


Mata Batin - Acara tahunan kota semarang, Festival Kota Lama kembali diselenggarkan. Membicarakan Festival Kota Lama, tidak lengkap rasanya tanpa Pasar Sentiling. Ya, Pasar Sentiling memang kerap kali meramaikan Festival Kota Lama di setiap tahunnya. Mulai terlaksana sejak tahun 2012, nama Pasar Sentiling mulai familiar digunakan sejak tahun 2014 dan masih tetap jadi yang paling dicari. 

Beberapa titik di Kota Lama dipadati pengunjung, pada Jumat (13/9/2019) sejak pukul 17.00 WIB. Antrian panjang terlihat memadati area Pasar Sentiling Kuliner Legenda. Pasar ini menjadi idola masyarakat untuk menyicipi berbagai macam kuliner yang ditawarkan. Kuliner-kuliner tradisional dan legenda tersedia dengan berbagai tampilan. Harga yang dipatok beragam, mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 50.000. 

“Emang hampir tiap tahun pasti kesini (Festival Kota Lama). Kan ada banyak pameran juga. Tapi yang paling utama dituju ya Pasar Sentiling ini. Saya sama keluarga juga suka makan,” ujar Dian, salah satu pengunjung yang datang bersama rombongan keluarganya. 

“Baru sampai tadi langsung cari stand kuliner ini. Pasar sentiling,” jelas Ikhsan, pengunjung yang mengaku bertempat tinggal di daerah Kauman, Semarang

Acara yang terselenggara atas program Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) ini, menggandeng GoJek sebagai salah satu mitra kerjasama. Termasuk di Pasar Sentiling ini, salah satunya pada sistem pembayaran yang diberlakukan. 

Ada dua macam transaksi yang berlaku di pasar sentiling, yaitu pembayaran dengan GoPay dan pembayaran dengan uang mainan. Untuk top up saldo GoPay pun tersedia disini. Sedangkan untuk uang mainan dapat ditukar di kasir yang terletak pada tiga titik arena pasar sentiling, yaitu arena bagian depan, tengah dan arena belakang. Jadi, buat pengunjung yang akan mencicipi aneka jajanan di pasar sentiling, jangan lupa tukarkan terlebih dulu uang tunainya. 

“Pembayarannya bisa pakai dua cara. Bisa pakai GoPay atau uang mainan. Uang tunai nggak bisa digunakan langsung di stand,” jelas panitia yang bertugas dibagian kasir.  

Selain wisatawan,  Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, juga menyempatkan diri mengunjungi pasar sentiling sembari menyicipi salah satu kuliner.  

Jika pengunjung lelah berjalan mengitari pasar sentiling dan ingin bersantai, tepat disebelah Pasar Sentiling juga terdapat arena taman lampion untuk bersantai dan berfoto, pastinya Instagramable.  

Festival kota lama 2019 berlangsung selama 10 hari, atau berakhir pada tanggal 22 september mendatang. Selain Pasar Sentiling dan Taman Lampion, agenda lain yang diselenggrakan yaitu  booktalk, pameran jepara, pameran karya sketsa, pameran kopi susu dan masih banyak keseruan lainnya. 




Sumber : Ayosemarang.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terkena Luka Bacok, Polisi Sayangkan Korban Enggan Buat Laporan

Tukar Jersey dengan Messi, Pemain Espanyol Terima Ancaman Kematian

Sri Mulyani Jadi Menteri Keuangan Terbaik se-Asia Pasifik untuk Ketiga Kalinya