5 Minyak Alternatif yang Bermanfaat Bagi Bayi Saat Dipijat


Mata Batin - Memberikan pijatan kepada si kecil merupakan hal penting yang berdampak pada kebaikan tumbuh kembangnya. Namun, pemilihan minyak sebagai bahan pelicin untuk memijat si kecil juga tak kalah penting.

Efek dari pijatan dengan minyak yang tepat dapat memberikan lonjakan pertumbuhan yang sehat, mengobati sakit perut, hingga menenangkan anak ketika dia takut. Mungkin, minyak telon maupun minyak kayu putih sudah menjadi langganan para orangtua di Indonesia saat memberikan pijatan dan menggosok-gosok badan bayi.

Padahal ada beberapa minyak yang memiliki manfaat lebih baik yang perlu juga diterapkan sebagai selingan saat memijat si kecil. Berikut ini beberapa minyak yang berkhasiat sebagai bahan pijatan kepada buah hati tercinta.

Minyak kelapa

Sifat antijamur dan antibakteri dari minyak kelapa menjadi pilihan ideal untuk kulit si kecil. Memijat si kecil dengan lembut menggunakan minyak kelapa setelah mandi akan melembabkan dan memastikan kulitnya kenyal. Penggunaan minyak kelapa sebagai bahan pijatan juga sangat ideal untuk bulan-bulan musim panas.

Minyak calendula

Minyak calendula dikenal karena efeknya yang menenangkan dan aman untuk diaplikasikan pada kulit bayi. Untuk mendapatkan hasil terbaik dari minyak ini, kamu harus menggunakannya setelah si kecil selesai mandi. Minyak calendula memiliki aroma ringan yang biasanya disukai oleh bayi. Karena wewangian itu alami, tidak menyebabkan alergi terlalu keras pada hidung bayi.

Minyak bunga matahari

Minyak bunga matahari mengandung banyak vitamin E dan asam lemak. Efek gabungan dari dua kandungan tadi adalah nutrisi yang lebih baik untuk kulit. Namun, kamu harus mempertimbangkan untuk menghindari minyak khusus ini hanya jika si kecil memiliki kulit yang rentan atau ruam ekstra sensitif.

Minyak almond

Karena mengandung vitamin E, minyak almond adalah salah satu bahan yang disukai dalam setiap minyak pijat anak-anak. Namun, disarankan agar Kamu menggunakan minyak almond murni alih-alih menggunakan minyak bayi yang mengandung almond untuk mendapatkan hasil terbaik.

Saat menggunakan minyak almond murni, pastikan kamu memilih yang tanpa pewangi. Sering terjadi bahwa anak-anak alergi terhadap minyak almond dengan kandungan pewangi, jadi usahakan minyak almond murni yang diaplikasikan.

Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah minyak yang paling cocok untuk memijat dan dikenal untuk menumbuhkan pertumbuhan otot anak. Namun, tindakan pencegahan tertentu harus diikuti ketika kamu menggunakan minyak zaitun untuk memijat bayimu.

Gunakan minyak zaitun jika sama sekali tidak ada tanda-tanda luka, ruam atau eksim pada bayimu. Jangan gunakan jenis minyak ini jika anakmu memiliki kulit kering atau sensitif. Sifat-sifat tertentu dari minyak zaitun meningkatkan permeabilitas kulit, yang membuat kulit menjadi lebih cepat kering.


Sumber : Akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terkena Luka Bacok, Polisi Sayangkan Korban Enggan Buat Laporan

Tukar Jersey dengan Messi, Pemain Espanyol Terima Ancaman Kematian

Sri Mulyani Jadi Menteri Keuangan Terbaik se-Asia Pasifik untuk Ketiga Kalinya