Biar Tidak Ada Istilah 'Tanggal Tua', Begini Cara Benahi Keuanganmu

Mata Batin - Biasanya ada istilah "Tanggal Tua" dan "tanggal muda" bagi para pekerja. Nah, kalau sudah mulai tanggal hitungan kalender 15-25 biasa sudah bisa dibilang keuangan menipis. Namun, bagaimana caranya sih menjadikan semua tanggal itu tetap "muda"?
Dilansir dari berbagai situs pengelola keuangan, tim Akurat.co menemukan ada beberapa Pengeluaran bulanan yang harus dikontrol:
1. Kenali Apa Saja Pos Pengeluaran
Disebutkan ada 5 Pos Pengeluaran utama, yaitu:
Cicilan Utang, maksimal 30 persen dari penghasilan bulanan.
Pengeluaran rutin, sebesar 40 – 60 persen. Misalnya, biaya buat makan, transportasi, membayar tagihan kos/kontrakan.
Menabung atau investasi, sebesar 10 persen dari penghasilan.
Sosial, minimal sebesar 2,5 persen dari penghasilan.
Dan terpenting, sebisa mungkin biaya Gaya Hidup (lifestyle) hanya boleh disisihkan tidak lebih 20 persen dari penghasilan.
2. Catat Pengeluaran Selama Satu Bulan
Cara ini, bisa diketahui Pos mana yang kerap alami "kebocoran" sehingga bisa dikontrol lagi anggaran bulanan ke depannya. Sebab, tanpa kamu mencatat anggaran bulanan berdasarkan Pos, pastinya kamu selalu menemukan istilah "Tanggal Tua" saat pertengahan bulan.
3. Buat Anggaran Setelah Gajian
Setelah sudah mencatat Pos Pengeluaran, lakukan ini secara rutin tiap bulannya untuk mengatasi "Tanggal Tua" sehingga bisa mengontrol Pos dana bulananmu.
4. Hemat Kuota Internet
Biasanya data Internet ini sebelum satu bulan sudah habis dan kamu harus mengisinya lagi antara Rp50.000-Rp100 ribu. Ada baiknya mulai berhemat. Dan mulai meminimalisir penggunaan sosmed. Sebaiknya sih gunakan paket data wi-fi Internet bulanan biar lebih hemat.
4. Usai Terima Gaji Langsung Balik Rumah
Ini dia nih biasanya para karyawan usai terima gaji suka tergiur untuk Nongkrong bersama teman-teman. Selagi masih "tanggal muda" tentu saja bawaannya ingin hangout. Sebisa mungkin dikurangin cara seperti itu. Mending Nongkrong di rumah sambil berselancar dengan wi-fi. []

Sumber : Akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terkena Luka Bacok, Polisi Sayangkan Korban Enggan Buat Laporan

Tukar Jersey dengan Messi, Pemain Espanyol Terima Ancaman Kematian

Sri Mulyani Jadi Menteri Keuangan Terbaik se-Asia Pasifik untuk Ketiga Kalinya